Skripsi.. Oh..Skripsi!!

kalau jadi mahasiswa yang baik*), pastinya akan sering “ketemu” dgn yg namanya makalah, observasi, dan pada akhirnya SKRIPSI. oh.. sebelum skripsi ada yg namanya PROPOSAL. yg jelas bukan Proposal penawaran  jual-beli atau proposal nikah yee..

harapan menggebu untuk segera lulus, jadi motivator utama bikin skripsi. walaupun ada juga yg bikin skripsi krn memang BETUL2 mencintai ILMU, bukan ngejar2 ijazah kayak aku..he..

perjuangan bikin skripsi biasanya dimulai dari nyusun proposal penelitian yang isinya draft ringkas atau rancangan penelitian kita. misalnya nih, mau neliti tentang pengaruh harga cabai terhadap kecemasan belajar (Hahahaa… ga nyambung!) jadi kita mesti nyusun apa sih yang melatar belakangi penelitian kita?? bagaimana kondisi di lapangan? idealnya harus seperti apa? nah yg paling penting di latar belakang ini, kunaon alias kenapa sih masalah itu kamu angkat jd penelitian? mesti ke jawab tuh.. slanjutnya, msti dirumuskan secara rinci rumusan pertanyaan penelitian, hipotesis (kl ada)), juga asumsi apa yg melatarbelakangi hipotesis kamu. hufftt.. bab1 ini mesti dihayati, soalnya memulai kadang prlu usaha ekstra!

setelah itu..bla.bla..bla.. bikin bab2 tentang teori, konsep, dsb. banyak lah sumber buat teori, kadang malahan ada yg copas. tapi bukan ane yee! nah dah beres bab2, menju ke bab3 yaitu metode penelitian. rumusan perhitungan dan analisis data. ane sendiri mentok nih di sini. gara2 salah pake rumuslah, ga ngerti pake skala lah.. (namanya juga belajar) …setelah dibuat rancangan metode apa yg mw dipakai buat neliti, mulai bikin instrumen kalau memang mau bikin sendiri. atau ga, menggunakan instrumen orang lain, tapi msti ada prsetujuan dulu dari si pembuat instrumen. setelah instrumen jadi, uji coba-kan untuk melihat validitas dan reliabilitas instrumen itu. (ntar kpn2 dibahas deh ttg validitas dan reliabilitas ini)

nah, terakhir bikin bab4 dan bab5. hasil dan pembahasan penelitian di bab4 dijabarkan sejelas2nya,  kaitkan dengan teori yang ada. misalnya hasil penelitian kamu, tidak ada hubungan antara harga cabai dengan kecemasan belajar, tapi di dlm teori disebutkan bahwa cabai mempengaruhi seseorang untuk menghilangkan kecemasan, sehingga seseorang yang cemas dlm belajar banyak mengkonsumsi cabai untuk menghilangkan stress/ kecemasan, sehingga harga cabai naik krn tingginya permintaan tsb. (hayyooohh.. bingung juga mengarang cabai!)

setelah jadi bab4, buatlah bab penutup, yaitu kesimpulan dan rekomendasi. simpulkan hasil penelitian kamu, lalu buat rekomendasi untuk pihak2 yg terkait dgn hasil penelitian kamu.

nah.. semoga skripsi tak menjadi dengungan menyeramkan di kuping mahasiswa tingkat akhir. hehe..

skripsi oh..skripsi.. selesai skripsi, nyambung deg2n sidang! 😮

Tinggalkan komentar